Jumat, 13 Februari 2015

PENDAKIAN DI GUNUNG KERINCI

Pendakian Di Gunung Kerinci

13 Agustus 2008

Diawali dengan upacara pembukaan XPDC hari rabu tanggal 13 Agustus 2008, pukul 16.30 mpe selesai, kemudian dilanjutkan Packing + sholat magrib mpe pukul 18.30. kemudian dilanjutkan dengan Team XPDC masuk karantina yang dimulai hari rabu buka dari jam 18.30 hingga kamis pukul 15.00 ( yang didalamnya ada sharing – sharing Team, Konsep n Schedul selama perjalanan menuju Kerinci dan selama pendakian berlangsung hingga sampai secret metala kembali, ada yang belajar, maen hape, Contact-contact dengan Maz Zubur n Anak Stasia untuk mengetahui perkembangan kondisi Kerinci).

Kemudian pukul 15.00 kita dikeluarkan dari karantina dan mulai melengkapi kebutuhan yang masih kurang, packing dan mandi selesai pukul 17.00. kemudian thet pukul 17.30 kita berdoa bersama – sama n pamitan ma anak – anak Metala n kita langsung dianter kebanyak tempat pangkalan Bus Handoyo kita Packing Carier ditempat duduk kita, kita kemas – kemas meluncur pukul 18.20 dalam perjalanan bus berhenti di Warung Makan JAYAGIRI Jalan Grinsing Batang pukul 22.00, kita kencing, cuci muka, sholat n makan malam, kemudian kita ngelanjutkan perjalanan lagi pukul 22.45. kemudian sopir bus melanjutkan aktifitasnya mengemudikan bus menerjang hutan lebat meluncur jalan aspal yang panjang banget

14 Agustus 2008

esok harinya kemudian bus berhenti disebuah pemberhentian bus berhenti disebuah pemberhentian bus pukul 09.15 seperti biasa kita menjalani ritual kencing, cuci muka, makan dari warung PADANG tempate sebelum masuk ke Pelabuhan Merak, kemudian selesai bus lanjut lagi menuju ke pelabuhan Merak pukul 10.00, dan sampai ke Pelabuhan kita antri masuk n nunggu kapal dari jam 10.15 mpe 11.00, kemudian kapal mulai berlayar pukul 11.39 – 13.25. Lalu kita kembali kedarat dan Melanjutkan perjalanan darat dengan naik bus HAndoyo he.he. GO!!! Handoyo!!! Pukul 14.15 Berhenti di Rumah Makan Taniran kita ngelakuin aktifitas cuci muka, kencing n kt juga ormet cari tempat bwt nge – cash HP di mushola, tapi kalau dikonter mpe bayar Rp 2.000. kemudian kita lanjutin perjalanan pukul 15.18 nyampe rumah makan Padang Singkut berhenti lagi dari pukul 17.28 – 17.53 kemudian kita turun di Pamenang n dijemput maz Subur n naik travel sampai tempate maz Zubur di daerah sungai Udang SP B kecamatan Pamenang pukul 20.02. Bersih – bersih mandi, makan n istirahat malam sambil kangen – kangenan ma pacar gelap masing- masing dirumah mpe pukul 01.00 kemudian istol,

15 Agustus 2008

Bangun kesiangan coz kecapaian perjalanan jauh, pukul 08.00 sholat mandi n makan bersih – bersih ma packing nyampe jam 10.00, kemudian jalan – jalan nunggu travel ampe 11.30m berangkat menuju Kresik Tuwo naik travel dari jam 11.30 nyampai pukul 21.00 kita nyampe tempate buleke maknyak di daerah Kresik Tuwo kecamatan Kayu Aru kabupaten Kerinci tapi ditengah perjalanan kita makan dirumah makan Padang dengan suasana pemandangan yang AGIP yang tadinya perut dikocok – kocok ampe lemas di ontang – antingin ma mobil travel mpe 1 orang teller dari rombongan kami, semua itu dibalaz dengan nikmatnya masakan PADANG n pemandangan yang menawan he…he..dan masakan yang MA’nyuuz!!! Setelah singgah tempate bule’nya maknyak salah satu dari team kami kita ngobrol – ngobrol dengan Tuan Rumah ma bersih – bersih baranga bawaan, sholat, makan n yang paling terakhir PACKing ma BREAFing bwt besok….,

16 Agustus 2008

Bangun pagi pukul 06.30, kita mulai beraktifitas seperti kehidupan manusia sewajarnya yaitu sholat, mandi, belnja kepasar bwt beli sayuran tuk bekal selama pendakian berlangsung n makan, selesai pukul 09.00 kita berangkat dari rumah kresik Tuwo menuju R 10 dari pukul 09.30 – 09.40, kemudian melakukan perizinan, yach meskipun ga’ dapet izin petugas n pendakian kita dikatakan pendakian legal tapi tetep waspada, kita ngobrol – ngobrol 10 menitan nyampe 09.50. Ciri – cirri R 10 mpe Pintu Rimba, pendakian masih melewati jalan aspal n kanan kiri ada ladang penduduk dengan tumbuhan sayur- sayuran n tumbuhan kayu manis. Kemudian melanjutkan dari R 10 mpe menuju Pintu Rimba nyampe pukul 11.06, sebenarnya perjalanan cuman ditempuh 55 menit aza cuman ditengah perjalanan mpe pintu rimba kita berhenti melakukan chek kelengkapan yang kita bawa, pake GETTER n yang terakhir kita berdoa bersama demi keselamatan dan segala tujuan n target yang kita harapkan tercapai ( amien ). PINTU RIMBA merupakan gerbang awal pendakian dalam batas hutan antara ladang dan hutan heterogen sebagai pintu masuk. Kemudian kita melanjutkan perjalanan menuju POZ KURSI PANJANG I (Pasranggahan) POZ I POZ KURSI PANJANG ( Pasanggrahan ) Pintu Rimba merupakan gerbang awal pendakian dalam batas hutan antara hutan dan lading heterogen sebagai pintu masuk ciri – ciri jarak pintu rimba menuju Pos I vegetasi pohon dewasa + pohon pisang N pohon dewasa yang ketinggiannya diatas 20 – 30 m. kita menempuh jangka waktu dari 11.19 – 11.49 kemudian mencari sumber air dan kita mengambil beberapa dirigen n beberapa botol dimana kita merasa pas bwt memenuhi kebutuhan pendakian mpe kita menemukan mata air selanjutnya kita menghabiskan waktu 37 menit terhitung dari pukul 11.50 mpe 12.27 dengan jarak tempuh + 200 m n ( jarak waktu bersih 10 menit ). Ciri – ciri dari Poz I terdapat poz pasanggrahan yang masih dibilang layak untuk vegetasi mayoritas pohon dewasa.mayoritas vegetasinya pohon dewasa.

Dari Poz I menuju Batu Lumut menepuh waktu 30 menit yaitu antara pukul 12.35 mpe 13.05. BATU LUMUT merupakan tempat peristirahatan namun tidak ada shelternya, dari Poz I menuju Batu Lumut medan pendakian masih landai dan jarak tempuhnya 2 Km. Kemudian dari Poz Batu Lumut menuju Bangku Panjang atau Poz II dapat kita tempuh dengan waktu 55 menit dari yaitu Pukul 13.05 mpe 14.00.di Poz II kita sempet ketemu ma anak – anak mapala JAMBI 4 orang n foto bareng, kemudian lanjut dari Pos II menuju Shelter I ditempuh dengan Waktu tempuh 1 jam lebih 25 menit ( dari pukul 14.31 mpe 15.56).

Shelter I merupakan tempat istirahat terdiri dari I buah pondok dari kayu yang sudah roboh, untuk jarak tempuh 3 km, dilintasan ini sesekali jalan setapaknya terjal sampai kemiringan 45 derajat, kemudian lanjut dari Shelter I menuju Poz bayangan menempuh waktu 3 jam lebih 44 menit yaitu dari pukul 16.16 – 20.00, kemudian kita ambil keputusan nge-camp tepatnya sebelum Shelter II n kita kita lanjutkan untuk bagi tugas untuk yang cowok cari tempat bwt mendirikan tenda untuk tenda kita dirikan 2 yang 1 untuk tenda cewek n yang 1 nya bwt tenda cowok, untuk menuju Champ I Lintasan perjalanan sangat menyulitkan bwt para pendaki, banyak jalan terowongan pohon-pohon lebat, kemudian jalan terowongan yang sempit, jalan air yang licin kita hanya mengandalkan akar – akar pohonnya yang mulai udah rapuh dan perlu konsentrasi yang penuh n selalu hati – hati apalagi hari dah mulai gelap, n keputusan diambil sebelum shelter 2 yang emang target awal kita nge-camp di shelter 2, karena emang kondisi kita udah mulai letih, capek dan lemah n lapar, cos kita dah melakukan perjalanan selama 10 jam lebih 10 menit n kita kesepakatan untuk istirahat n nge-camp. Kemudian masakan dah selesai dimasak dan siap dihidangkan untuk team kerinci. Kita makan malam n contack-contackan ama anak- anak basecamp METALA tanya kabar dan perkembangan pendakian kemudian lanjut breafing untuk planing hari rabu

17 Agustus 2008

pukul 03.00 pagi kita dah mulai pendakian dari shelter 2 nyampe puncak n hari itu juga kita turun ke kresik tuwo, untuk yang hari selasa kita bangun pukul 06.00 sholat, masak, makan packing n berangkat melanjutkan pukul 09.37 kemudian target kita ke shelter 2, memulihkan kondisi team yang letih, drop n lain sebagainya nyampai di shelter 2 pukul 09.50 kita menmpuh perjalanan 13 menit untuk ciri-ciri shelter 2 merupakan sebuah tempat peristirahatan dengan pondok yang kokoh terbuat dari besi n bawahnya untuk alasnya udah dicor tapi tetap ada lapisan tanahnya, kemudian ada mata air yang yang jarak tempuhnya100 m dari basecamp, untuk tempat air hanya cekungan yang diameternya 15 cm dan sekitarnya banyak tumbuhan lumut, lebih parah airnya dibanding dengan mata air dipasranggahan yaitu sunagi konteporer. 1 hari penuh di shelter 2 kita benar- benar jaga kondisi, sharing- sharing, saling memberi masukan, memberi semangat yang drop n bwt suasana yang bisa meningkatkan mood lagi utnuk lebih semangat dalam menjalani pendakian menuju puncak yang dah direncanakan pukul 03.00 dini hari.